Alasan Berlindung di Bawah Meja Ketika Gempa Bumi

- Kamis, 8 Desember 2022 | 09:24 WIB
Berlindung di bawah meja saat gempa bumi terjadi sangat disarankan ketika masih berada di dalam ruangan. (Tangkap Layar YouTube Humas BNPB)
Berlindung di bawah meja saat gempa bumi terjadi sangat disarankan ketika masih berada di dalam ruangan. (Tangkap Layar YouTube Humas BNPB)

PATI UPDATE – Salah satu cara melindungi diri saat gempa bumi adalah dengan berlindung di bawah meja. Cara ini dianggap perlu ketika seseorang masih berada dalam ruangan atau bangunan.

Cara melindungi diri ini sebenarnya punya alasan yang melatarbelakanginya. Tentunya, disarankan bila memang masih terjebak dalam ruangan.

Tetapi bila sudah berada dekat dengan area luar, sebaiknya keluar sesegera mungkin. Sembari itu, lindungi area kepala dan leher untuk memastikan tidak adanya runtuhan bangunan yang menimpa area cukup rawan ini.

Diketahui jika gempa sering terjadi di Indonesia. Bahkan, akhir-akhir ini cukup sering. Yang terbaru adalah gempa yang terjadi di Sukabumi pagi ini (Kamis, 8 Desember 2022)

Baca Juga: Gempa Bumi Guncang Sukabumi, Kekuatan 5,8 Magnitudo 

Kenapa Berlindung di Bawah Meja Saat Gempa Terjadi?

Memang ada banyak cara yang dapat ditempuh seseorang ketika gempa terjadi. Salah satunya dengan mencari meja yang cukup kuat untuk berlindung.

Dilansir dari laman Dream Civil, meja menjadi tempat teraman saat gempa terjadi dan seseorang masih berada dalam ruangan.

Fungsi meja sebagai penutup atau pelindung. Meskipun tidak dipungkiri jika meja juga cukup rawan lantaran bisa pecah.

Tetapi, meja ini bisa mengurangi dampak dari jatuhnya reruntuhan atau puing-puing bangunan atas.

Halaman:

Editor: Ahmad Fuad

Tags

Terkini

X