• Kamis, 6 Oktober 2022

Pemerintah Bagikan Kompor Listrik Gratis Agar Masyarakat Mau Menggunakannya

- Rabu, 21 September 2022 | 12:00 WIB
Pemerintah berencana untuk bagikan kompor gratis ke 300.000 masyarakat miskin. (Pixabay @Fernando Arcos)
Pemerintah berencana untuk bagikan kompor gratis ke 300.000 masyarakat miskin. (Pixabay @Fernando Arcos)

PATI UPDATE – Untuk mendorong keinginan masyarakat dalam menggunakannya, pemerintah berencana untuk membagikan paket kompor listrik pada masyarakat.

Paket kompor listrik ini akan dibagikan kepada 300.000 masyarakat miskin. Pemberian paket kompor secara gratis ini dilakukan sebagai bagian dari program konversi kompor yang menggunakan sumber gas LPG ke sumber listrik.

Adapun masyarakat yang menerima kompor listrik ini merupakan masyarakat yang terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Paket kompor induksi ini terdiri dari kompor dua tungku, satu buah alat memasak serta satu buah MCN (Miniatur Circuit Breaker).

Diperkirakan jika harga sepaket ini mencapai Rp1,8 juta rupiah.

Baca Juga: Cara Daftar Bantuan Pemerintah Lewat HP, Siapkan KTP Asli

Dijelaskan oleh Sekjen Kementerian ESDM, Rida Mulyana jika tahun ini rencananya pembagian kompor tersebut akan diberikan pada 300.000 penerima.

Harganya sendiri memang cukup mahal. Tetapi, Rida mengatakan jika harganya masih sangat wajar. Karena, tungku kompor tersebut berukuran 800 watt.

Ia juga menyebutkan jika salah satu tungku kompor ke depannya akan dinaikkan dayanya menjadi sekitar 1000 watt.

Peningkatan daya ini dimaksudkan supaya waktu memasaknya jauh lebih cepat. Peningkatan daya sekaligus meningkatkan harga jual dari kompor yang bisa mencapai Rp2 juta.

Halaman:

Editor: Ahmad Fuad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X